Download Buku KISAH PARA NABI DAN RASUL Penulis Al-Hafidz Ibnu Katsir


Judul Asli : Qashashul Anbiya'

Penulis : A-Hafidz Ibnu Katsir

Judul Edisi Indonesia : KISAH PARA NABI DAN RASUL

Salah satu keharusan sebagai manusia adalah mempelajari sejarah, baik yang terkait dengan pribadi seseorang, kelompok masyarakat maupun bangsa dan peradaban manusia itu sendiri. Mempelajari sejarah ini punya arti penting bagi kita, karena dengan demikian kita tidak hanya menjadi tahu tentang perjalanan hidup manusia, tetapi juga dapat mengambil pelajaran dari orang lain atau generasi terdahulu sehingga yang baik kita tiru dan yang buruk kita jauhi. Disamping itu, orang yang memiliki kesadaran sejarah akan menperoleh pengaruh yang positif dalam menyikapi kenikmatan/keberhasilan dan kesengsaraan/penderitaan. Orang yang memiliki kesadaran sejarah tidak akan merasa paling baik, paling benar, apalagi sebagai satu-satunya orang yang benar, karena dia tahu bahwa dahulu juga ada orang yang lebih baik atau lebih benar dari dirinya, sedang kalau mengalami hal-hal yang merugikan atau yang tidak baik atau lebih benar dari dirinya, sedang kalau mengalami hal-hal yang merugikan atau yang tidak menyenangkan tidak akan merasa sebagai orang yang paling menderita.

Salah satu contoh orang yang memiliki kesadaran sejarah adalah nabi Ismail as yang tidak merasa sebagai orang yang paling sabar atau satu-satunya orang yang sabar dengan keberhasilanya melewati ujian penyembelihan yang dilakukan ayahnya nabi Ibrahim as, tapi yang dikatakannya adalah insya Allah dirinya termaduk kedalam kelompok orang yang sabar karena dia tahu bahwa dahulu sudah ada orang yang sabar, Allah befirman :

"Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama ibrahim, ibrahim berkata : "hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah, apa pendapatmu?. Ia menjawab : "hai bapakku, kerjakanlah apa yang Allah perintah kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar" (QS. 37:102)

Karena mempelajari sejarah itu amat penting, maka AlQur'an juga mengungkap tentang sejarah dan Rasulullah SAW harus memiliki kesadaran bersejarah agar bisa meneladani yang baik dari generasi terdahulu sehingga Rasulullah juga harus mempelajarinya, misalnya saja Allah swt berfirman :

"Sesungguhnya telah ada suri teladan yang baik bagimu pada ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia" (QS.60:4)

Manfaat memahami sejarah

Dalam konteks diri kita sebagai umat nabi Muhammad SAW, maka setiap kita tentu saja harus mengenal ini bukanlah sekedar mempelajarinya secara kronologis dari sebelum lahir hingga wafatnya, tetapi juga harus mengambil pelajaran dari berbagai peristiwa yang terjadi, inilah hakikatnya menahami sejarah nabi (sirah nabawiyah). Sekurang-kurangnya, ada tiga manfaat yang kita peroleh dari menahami sejarah nabi.

1. Memahami pribadi rasul sebagai teladan
Allah swt telah menyatakan bahwa rasulullah saw merupakan sebagai teladan yang baik bagi seorang muslim sebagaimana firman-Nya :

"Sesungguhnya telah ada pada diri rasulullah itu suri teladan yang baik (yaitu) bagi oran yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah" (QS. 33:21)

Dengan memahami pribadi rasulullah saw dari sirah nabawiyah, akan kita rasakan betapa ada kesenjangan yang sangat jauh antara pribadi kita dengan beliau, dan karena itu kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendekati kepribadianya yang agung. Keteladanan ini bisa kita dapatkan dalam aspek kehidupan, baik dalam kaitan pribadi, keluarga, masyarakat, maupun bangsa, bahkan kita dapati keteladanan dalam dakwah dan perjuangan menegakkan kebenaran ajaran islam itu sendiri.

2. Menbantu kearah pemahaman terhadap Al Qur'an
Mempelajari sirah nabawiyah juga akan membuat kita terbantu dalam memahami Al Qur'an dan ajaran islam secara utuh, hal ini karena begitu banyak ayat Al Quran atau ajaran islam lainya yang harus kita pahami dari ucapan, perbuatan dari sikap rasulullah saw.  Karena itu salah satu sumber pemahaman terhadap ajaran islam adalah hadits-hadits nabi Muhammad SAW.

3. Mendapatkan gambar tentang prinsip hidup dan hukum islam
Dari sirah nabawiyah, kira juga akan mendapatkan prinsip-prinsip hidup dan bagaimana kita harus menjalankan hukum-hukum yang telah ditetapkan Allah. Dalam kehidupan seorang muslim,  diantara prinsip hidup yang harus lekat pada dirinya adalah taat kepada Allah. Karena itu meskipun hukum Allah yang harus dijalankan itu terasa berat, tetap saja harus dijalankan itu terasa berat, tetap saja harus ditaati. Inilah diantara prinsip hidup yang kita mempelajari sirah nabawiyah.


Menyadari betapa pentingnya memahami sirah nabawiyah, maka kaji dan pelajari lebih lanjut melalui sumbernya yaitu Al Quran yang merupakan gambaran akhlak nabi dan hadist-hadist yang merupakan gambaran kehidupan nabi sehari-hari, membaca literatur tentang kisah-kisah para sahabat, karena mereka adalah orang yang meneladani nabi pada masanya dan mengkaji secara langsung.


http://goo.gl/cElbuf

DOWNLOAD EBOOK VERSI LAIN APLIKASI DIAGRAM KISAH PARA NABI DI SINI

Terkait Khusus

Sejarah dan Biografi Islam 7018279921646431743

Langganan Artikel Gratis Lewat Email

Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US

ARTIKEL BARUNYA DI SINI

Recent Posts Widget

Aplikasi Islami Hp Android

AUDIO DAN DOWNLOAD

item